|

Pencarian

Login


Selamat datang di Pusat Promosi AKRINDO
Username
Password
Security Code
Security Code
Type Code


Daftar Anggota
Lupa Password

Statistik Member

Jumlah Anggota : 40
Jumlah Prinsipal : 23
Jumlah Retail : 17
Jumlah Promo Penawaran : 1
Jumlah Promo Jual : 2
Jumlah Promo Beli : 1

Retail

Info Aktual Terbaru

Kalender

« Apr 2014 »
M S S R K J S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10

Konsultasi

Perbedaan Mesin Kasir dan Mesin POS (Point of Sales)

Kategori: Info Aktual - Selasa, 26 Maret 2013 16:31:39 - Oleh : superadmin - dibaca 460 kali
Perbedaan Mesin Kasir dan Mesin POS (Point of Sales)

Mesin Kasir/Mesin Kas/Mesin Register/Cash Register adalah sebuah piranti elektris atau mekanikal yang dipergunakan untuk menghitung atau merekam transaksi penjualan, dan jika dilengkapi oleh cash drawer maka berfungsi pula untuk menyimpan alat pembayaran. Mesin kasir biasanya juga secara otomatis mengeluarkan tanda terima berupa kwitansi atau struk nota.

Mesin POS atau PoS memiliki banyak pengertian, namun secara umum, Point-of-Sale adalah sebuah sistem yang memungkinkan diadakannya proses transaksi. Kalau ingin dirunut lebih spesifik lagi, maka PoS memiliki pengertian sebagai hardware atau software yang digunakan untuk transaksi. Tidak itu saja, sistem PoS modern dilengkapi dengan sistem pelaporan manajemen yang terintegrasi. Sistem PoS digunakan di supermarket, restoran, hotel dan tempat-tempat lain yang membuka jasa retail. Dalam lingkup yang luas, POS juga bisa berarti proses pelayanan transaksi dalam sebuah toko retail.

Kedua pengertian tersebut adalah terjemahan bebas dari website Wikipedia. Secara umum bahwa POS adalah sebuah sistem yang memungkinkan diadakannya transaksi yang di dalamnya termasuk juga penggunaan mesin kasir. Dalam lingkup POS, sebuah mesin kasir tidak berdiri sendiri, namun sudah termasuk di dalamnya software penunjang dan piranti lain. Sistem POS melakukan lebih dari sekedar tugas transaksi jual beli, di dalamnya bisa terintegrasi juga perhitungan akuntansi, manajemen barang dan stock, modul penggajian karyawan, perhitungan hutang piutang dan berbagai macam fungsi lainnya.

Dalam perkembangannya, mesin kasir mengalami evolusi sampai sekarang yang kita lihat sekarang ini di berbagai supermarket ataupun hipermarket. Mesin kasir yang sudah computerized plus dilengkapi dengan barcode scanner, cash drawer dan digital scale bisa disebut juga dengan nama mesin POS.

Dari penjelasan di atas seakan kedua jenis mesin tersebut adalah sama. Namun Mesin POS lebih mengacu kepada penggunaan teknologi untuk melakukan efisiensi transaksi, dalam hal ini adalah kecepatan, ketelitian, dan kelengkapan pelaporan manajemen. Sementara mesin kasir/cash register hanya menyediakan fungsi PoS sederhana, dalam ini hanya mengacu kepada perekaman transaksi harian yang sederhana.

Jadi kalau anda adalah pemilik retail shop yang berminat untuk melengkapi toko anda dengan sebuah piranti pembantu, jelas Mesin PoS yang anda butuhkan, bukan lagi mesin kasir.

Info "Info Aktual" Lainnya